Pages

Isnin, 27 Mei 2013

CARA BERTERNAK JANGKRIK

 


CARA BERTERNAK JANGKRIK

Apabila Anda menaruh minat pada usaha bermodal kecil dengan keuntungan yang besar salah satunya budidaya jangkrik, kali ini saya akan membantu agan semua untuk merintis usaha ini dengan cara yang cukup mudah yaitu peluang usaha ternak jangkrik memang terbilang usaha rumahan yang dapat Agan jadikan sumber penghasilan yang menguntungkan selain permintaan jangkrik sebagai pakan burung dan ikan arwana peliharaan semakin meningkat. Ternak jangkrik tidak terlalu membutuhkan peralatan yang rumit dan caranya pun cukup sederhana, Anda dapat mulai merintisnya dengan modal yang sangat kecil kemudian dikembangkan secara perlahan untuk menjadi peluang usaha yang lebih besar. Tentunya hal ini juga membutuhkan kesabaran dan teknik yang benar dari Agan.
langsung aja gan ya..........!

Persiapkan kandang
Persiapkan 2 kandang, satu untuk pemeliharaan dan satunya lagi untuk perkawinan.Buat kotak yang memiliki pinggiran agak tinggi ( gan bisa membuatnya dari bahan plastik atau dari bahan triplek ) agar jangkrik peliharaan agan tidak mudah untuk meloncat keluar. Sebuah kotak berukuran 1x1 meter mampu untuk menampung jangkrik sebanyak 500 ekor.

alas kandang
Agan dapat menggunakan media pasir sebagai alas agar jangkrik dapat berkembang dengan baik. lalu Tuangkan pasir ke dalam kotak penyimpanan dengan ketinggian sekitar 2 inci. Bahan ini sangat penting agar jangkrik bisa berjalanan, selain itu agan juga bisa menambahkan daun pisang kering untuk tempat jangkrik berlindung.

Persiapkan bibit
Tentukan jumlah jangkrik yang hendak Anda budidayakan. Agan dapat mencoba memulainya dengan 50 ekor jangkrik. Pastikan di dalam populasi jangkrik tersebut ada betinanya, kalau bisa betinanya lebih banyak daripada pejantan. Jangkrik betina bisa dikenali dengan ekor yang agak lebih panjang dan juga memiliki sayap yang lebih sempurna dibandingkan jangkrik jantan.

makanan
Hindari untuk memberi makanan basah agar tidak membasahi lapisan pasir. Makanan yang  dapat dicoba antara berbagai sayuran ( agan bisa memanfaatkan sayuran yang dibuang di pasar sayuran ... lumayan ngirit modal ). Sedangkan untuk minum, anda dapat mempersiapkan semacam wadah atau tempat yang diisi dengan air bersih. kalau dapat hindari pemakaian alat yang bisa membuat lapisan pasir basah.

Perkawinan
Tahap selanjutnya adalah mengawinkan mereka. Tunggu selama kurang lebih 2 minggu setelah pemeliharaan agar jangkrik-jangkrik tersebut siap dikembangbiakkan. Setelah meletakkan telur, anda bisa mengganti kotak pemeliharaan dengan yang baru.

telur
Letakkan telur di tempat yang memiliki suhu 85-90 derajat Farenheit. Telur akan segera menetas alam jangka waktu kurang lebih 2 minggu. Anda akan melihat jangkrik-jangkrik yang masih kecil keluar dari dalam pasir. Jika semuanya sudah keluar, ambil dan letakkan ke dalam kotak penyimpanan baru seperti saat  pertama memelihara indukan.

semoga bermanfaat.................. !

0 komentar:

Catat Ulasan

 

Blogroll

Blogger templates

Widget edited by super-bee

About